Selasa, 20 Juni 2017

Cara Mengganti No. Hp di Shopee


        Setelah sekian lama nggak ngeblog, akhirnya bisa nulis lagi yang semoga bisa ngasih manfaat ke banyak orang. Sebelumnya saya mau cerita, lebih tepatnya berbagi sedikit pengalaman TRUE STORY, selama beberapa tahun terakhir ini, saya termasuk orang yang mengubah haluan dari belanja offline ke belanja online, hampir 90% barang atau kebutuhan yang ada saat ini saya belanjanya online, mulai dari fashion, oleh-oleh, elektronik dan bahkan keperluan mandi kadang belinya online, karna memang lebih mudah dan nggak perlu repot-repot muter-muter di swalayan atau toko. Maka dari itu, akhirnya semakin akrab dengan banyak toko online yang ada, hampir di semua situs toko online saya punya akun dan pernah coba belanja disana :D

       Salah satu toko online yang paling sering jadi pilihan belanja saya yaitu Shopee Indonesia, selain lebih banyak pilihan dan harganya terjangkau, kita bisa wawancara tanya detail produk dengan chat langsung ke penjual, jadi enak dan jelas. Sebenernya toko sebelah juga ada sih layanan kayak gitu, tapi untuk saat ini, Shopee paling sering saya pakai karna ada gratis ongkirnya :D (Saya ikhlas promosi gini tanpa harus dibayar, hehe)

     Nah, setelah sekian lama jadi pelanggan Shopee, akhirnya ada sedikit masalah yang ternyata nggak cuma saya yang mengalami, awalnya saya mau beli oleh-oleh pulang kampung, kemudian udah wawancara dan cocok terus lanjut transaksi dan transfer, tapi karna salah milih kurir (efek butuh barang cepet) akhirnya pihak penjual nawarin cancel aja, dan dana kembali ke akun Dompet Shopee, dari ini masalahnya muncul.

    Ternyata untuk aktifin Dompet harus ada verifikasi kode yang dikirim ke nomor Hp akun, sedangkan nomor Hp saya udah hangus dari tahun kemaren, setelah diotak-atik tetep aja nggak bisa, sedangkan dananya mau segera dipake transaksi lagi. Setelah minta bantuan mbah Google cari info sana-sini, akhirnya nemu banyak pelanggan yang mengalami hal serupa, haha. Kasian dana nggak bisa cair dan nggak ada balasan CS dari comment di dinding FB Shopee :D

        Oke, nggak perlu lama-lama, saya mau kasih cara, karna no. Hp akun saya udah berhasil di ganti dan uang di Dompet Shopee siap cair.

Pertama, silakan masuk akun Shopee, kemudian pilih FAQ bagian akun dan keamanan. Disana disediakan email support CS yang berfungsi aduan kalo ada keluhan dan masalah.

Kedua, silakan isi keluhan dengan curhat juga boleh, bilang kalo mau ganti no. Hp dan bla..bla..bla.. nanti email akan terkirim dan pastikan akun email aktif karna nanti balasan akan dikirim via email.

Ketiga, CS Shopee itu keren, ternyata pelayanan 24 jam, setelah aduan nggak lama akan muncul balasan dengan sapaan ramah dan siap membantu, CS akan minta data, No. Hp lama, No. Hp baru dan foto KTP, setelah itu silakan kirim balasan.

Keempat, akan ada balasan lagi kalo disuruh menunggu karna akan dieskalasikan ke departemen terkait untuk mengubah no Hp.

Kelima, nggak harus nunggu seharian akan ada telpon dari pihak Shopee untuk verifikasi (CS nya lancar banget ngomongnya dan ramah), data yang diverikasi seperti nama akun, tanggal lahir, terakhir order dimana-toko apa-barang apa-harga berapa-bayar via apa-dikirim ke alamat mana. Intinya mastiin kalo itu akun kita.

Terakhir, si CS akan bilang kalo ada nomor verifikasi yang di SMS kan, nanti kita disuruh menyebutkan kode itu tanpa harus menutup telpon, setelah selesai CS akan ganti data dan selesai deh.

Nah itu, silakan bisa dicoba, semoga bermanfaat. Kalo ada yang perlu ditanyakan dan butuh jawaban fast respon, DM instagram @misteraconk :)

40 komentar:

  1. Berapa lama dapat balasan kalau suruh nunggu? Saya dari kemarin sudah kirim form sama foto ktp tapi blm ada balasan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama seperti ini, mbak sudah dapet balasan belum kalau sekarang?

      Hapus
    2. Saya juga sudah ngisi data sama foto ktp tpi gk ad balasan

      Hapus
    3. Sama saya juga udah isi data dan ktp tpi blm jg ada balasan ..sampe sekarang

      Hapus
    4. Kadang CS nya emang slow respon, ditunggu aja gan :D

      Hapus
  2. Saya belum ada ktp dan saya udah ngirim persyaratan sama foto lampiran kartu siswa sama kartu keluarga tapi dibilangnya belum jelas gimana dong-_-

    BalasHapus
  3. alhamdulillah.. makasih infonya, sangat bermanfaat.. kasusnya sama banget kaya saya ini..

    BalasHapus
  4. ada yang udah berhasil dapet konfirm dr cs,?

    BalasHapus
  5. Mending no.hp di aktifin lg aja ke galery oprator masing" lbih simpel...

    BalasHapus
  6. Sayaa baruuuu bangeeettt kejadian seperti iniii. Saya panik bangeettt, langsung tlp csnya.
    Cumaa kamu nunggu balesan dri CSnya untuk konfirmasi bahwa nmrnya sudah terganti itu butuh waktu brp lama??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana mb Anisa udah bisa? Sorry slow respon. Aku nunggu hampir 24 jam.an lah :)

      Hapus
  7. Percuma gag bakal bisa .gue udah hampir 2 bulan gag juga bisa di ganti tu nomer hp. jadi males pakek shopee. padahal isi dompet di shopee banyak. tapi gag bisa di gunain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba lagi gan, berhasil kok. Kadang CS balesnya lama tapi kebetulan pas aku ngurus itu bisa dan fast respon.

      Hapus
  8. Lagi ngadepin kasus yg sama.. Waduh banyak yg gagal ternyata.. Mau bnerin kartu ke provider pun gbsa.. Bablas deh duit d dompet shopeeee 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di urus aja mb Tami, bisa kok dan aku uangku kembali, caranya persis seperti yang aku tulis, balasan CS emang kadang lama tapi kalo beruntung cepet. :)

      Hapus
  9. Lama bgt ya cs bales udah nunggu 24 jam nih,pdhala udah ngisi data dan ktp

    BalasHapus
  10. @Haiqal Bae, udah bisa belum gan?

    BalasHapus
  11. Kasus yg sama barusan saya alamin... Kata cs nya nunggu 3hari kerja jadi sebenarnya berapa hari paling cepat uda tlp cs juga tadi tapi gak ada hasil tolong jawaban nya ya teman teman

    BalasHapus
  12. Sama,
    dari web sapi disuruh pakai aplikasi (versi android) yg terbaru,
    saya sudah pakai tapi tetep ga bisa ganti.
    Suruh ngubungin CS nya
    udah kirim email tapi harus ngasih data2 KTP dll
    ah males banget
    Saya malah memilih menutup akun, dan menutup akun cepat banget, ga nyampe satu menit beres

    BalasHapus
  13. Kak email aku yg nyambung ke shopee nya ga bisa dibuka , trus kalo pake email ku yg lain buat hubungin cs nya bsa gak ya?

    BalasHapus
  14. Aduh lama nunggu nya kapan d bls,ribet jadinya

    BalasHapus
  15. Aduh lama nunggu nya kapan d bls,ribet jadinya

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah, cuma nunggu 2 jam udah bisa aktif lagi

    BalasHapus
  17. Kak klo shoppe udah ngasih no tiket permintaan.. trs kita nya harus gimana lagi ?

    BalasHapus
  18. Kalo gg di bales bisa komplain lagi ke cs shopee.. Email lagi bawasannya pengajuan ganti nomer belum di tindak lanjuti... Nanti akan ada balasan cs ke email kita...

    BalasHapus
  19. Mau nanya dong, gamana caranya kalo mau login tp nomor hpnya sudah tidak aktif? Tolong yaaa dibantu.. Saya sudah banyak follow dan belanja di beberapa olshop di akun saya yg itu

    BalasHapus
  20. Apa kalo sdh kirim data akun logout sendiri?
    Info dr cs seperti itu
    Dan sekarang akun saya logout tdk bisa login

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ya. Iya. Logout sendiri. Kita disuruh login lg. Masnya pake login via sms aja ada optionnya di bawahnya

      Hapus
  21. Mau share pengalaman ya. Kemarin pesanan aku dibatalin sama sellwr dan masuk shopeepay jg. Sam kasusnya nomor telpon jg sdh lama hangus. Dan ngikutin cara masnya ni juga nih alhamdulillah bisa. Bedanya ga ada ditelp sama pihak shopee nya. Dan alhamdulillah ga sampe 24 jam udah bisa ditarik dana dari shopeepay. Tinggal nunggu 1 atau 2 hari dananya cair.

    BalasHapus
  22. Mau share pengalaman ya. Kemarin pesanan aku dibatalin sama sellwr dan masuk shopeepay jg. Sam kasusnya nomor telpon jg sdh lama hangus. Dan ngikutin cara masnya ni juga nih alhamdulillah bisa. Bedanya ga ada ditelp sama pihak shopee nya. Dan alhamdulillah ga sampe 24 jam udah bisa ditarik dana dari shopeepay. Tinggal nunggu 1 atau 2 hari dananya cair.

    BalasHapus
  23. Kaa sya mau mnta saran nya donk sya wktu pas mau dftar shope gak pake email tapi cma pake no tlpn sma masuk pake fb doank...
    Jadi gmna yaa cara nya sya mau ganti no soalnya syank bnget kalo smpe gak bisa di cairin uank nya...
    Kejadian nya sama bnget sma yg kaya kk alami..
    Tolong bantuan nya yaa kaa..

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah,sy cb langkah2 ini awalnya g dpt respon,uda gt sy live chat sm cs nya lgkahya sama,lalu blm berhasil sy kirim email ke shopee dan jam 3 sore sy dpt sma dr shopee kl nomer yg hangus terdaftar di shopee tlah diubah ke nomer baru....

    BalasHapus